Daftar Tilik Pemeriksaan Fisik Bayi Baru Lahir
![]() |
PEMERIKSAAN FISIK BAYI BARU LAHIR
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Jelaskan kepada orang tua/keluarga bayi mengenai
prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: sampaikan dengan kalimat yang mudah
dimengerti dan dapat diterima.
|
||||||
3
|
Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air
mengalir, lalu keringkan.
|
|
|
|
|
|
Key point: lepaskan semua perhiasan dari lengan
dan tangan, cuci tangan dengan 7 langkah.
|
||||||
4
|
Gunakan sarung tangan pada kedua tangan.
|
|
|
|
|
|
Key point: sarung tangan yang digunakan cukup
sarung tangan bersih.
|
||||||
5
|
Atur posisi bayi untuk pemeriksaan fisik.
|
|
|
|
|
|
Key point: baringkan terlentang diatas alas yang
kering dan hangat serta aman (jauh dari barang-barang yang membahayakan
bayi).
|
||||||
6
|
Lepaskan pakaian bayi dan nilai keadaan umum
bayi:
|
|
|
|
|
|
a. Ukuran
keseluruhan
|
|
|
|
|
|
|
b. Kepala, badan
dan ekstremitas
|
|
|
|
|
|
|
c. Tonus
otot dan tingkat aktifitas
|
|
|
|
|
|
|
d. Warna kulit dan
bibir
|
|
|
|
|
|
|
e. Tangisan
bayi
|
|
|
|
|
|
|
Key point: selama dilakukan pemeriksaan, tetap
jaga kehangatan bayi.
|
|
|||||
7
|
Lakukan pemeriksaan tanda vital:
|
|
|
|
|
|
a. Periksa
laju nafas dengan melihat tarikan nafas pada dada
|
|
|
|
|
|
|
Key point: normalnya adalah 40-60 kali/menit,
perhatikan apakah ada tarikan dinding dada yang dalam.
|
||||||
b. Periksa laju
jantung dengan menggunakan stetoskop.
|
|
|
|
|
|
|
Key point: normalnya adalah 120-160 kali/menit.
|
||||||
c. Periksa
suhu badan bayi.
|
|
|
|
|
|
|
Key point: normalnya adalah 36,5–37,20
C
|
||||||
8
|
Lakukan pemeriksaan berat badan bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: pemeriksaan berat badan bayi tidak
harus dalam keadaan telanjang, pakaian bayi dapat dikurangi 200-300 gram dari
total berat badan.
|
||||||
9
|
Lakukan pemeriksaan panjang badan bayi.
|
|
|
|
|
|
10
|
Lakukan pemeriksaan kepala bayi, perhatikan
dengan baik:
|
|
|
|
|
|
a.
Ubun-ubun.
|
|
|
|
|
||
b. Sutura.
|
|
|
|
|
||
c.
Penonjolan/cekungan.
|
|
|
|
|
||
d. Lingkar kepala.
|
|
|
|
|
||
11
|
Lakukan pemeriksaan pada telinga dengan melihat
hubungan letak dengan mata dan kepala serta adanya kelainan.
|
|
|
|
|
|
Key point: ketidaksimetrisan letak, dapat
mengarah kepada down syndrome.
|
||||||
12
|
Lakukan pemeriksaan pada mata.
|
|
|
|
|
|
Key point: perhatikan apakah tanda infeksi,
seperti mata merah, terdapat pengeluaran.
|
||||||
13
|
Lakukan pemeriksaan pada:
|
|
|
|
|
|
a. Bibir dan
langit-langit bibir
|
|
|
|
|
|
|
b. Periksa
kemungkinan adanya sumbing
|
|
|
|
|
|
|
c. Periksa
refleks rooting dan sucking
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Lakukan pemeriksaan pada leher bayi:
|
|
|
|
|
|
a. Pembengkakan.
|
|
|
|
|
|
|
b. Pembesaran
kelenjar.
|
|
|
|
|
|
|
c. Refleks
tonic neck.
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Lakukan pemeriksaan pada dada bayi:
|
|
|
|
|
|
a. Bentuk
dada.
|
|
|
|
|
|
|
b. Puting susu.
|
|
|
|
|
|
|
c. Lingkar
dada.
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Lakukan pemeriksaan pada bahu, lengan, dan
tangan bayi:
|
|
|
|
|
|
a. Gerakan
bayi apakah normal/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
b. Kelengkapan/
jumlah jari tangan.
|
|
|
|
|
|
|
c. Periksa
refleks palmar graps.
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Lakukan pemeriksaan sistim syaraf bayi, periksa
refleks moro.
|
|
|
|
|
|
18
|
Lakukan pemeriksaan pada daerah perut bayi:
|
|
|
|
|
|
|
a. Bentuk
perut.
|
|
|
|
|
|
|
b. Penonjolan
sekitar tali pusat saat menangis.
|
|
|
|
|
|
|
c.
Perdarahan pada talli pusat.
|
|
|
|
|
|
|
d. Lembek (pada
saat tidak menangis).
|
|
|
|
|
|
|
e. Tonjolan
pada daerah perut.
|
|
|
|
|
|
19
|
Lakukan pemeriksaan pada kelamin bayi.
|
|
|
|
|
|
Kelamin laki-laki:
|
|
|
|
|
|
|
a. Testis
berada dalam skrotum/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
b. Penis berlubang
dan terletak pada ujung penis/tidak.
|
|
|
|
|
|
|
Kelamin perempuan:
|
|
|
|
|
|
|
a. Vagina
berlubang/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
b. Uretra
berlubang/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
c. Labia
mayora menutupi labia minora/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Lakukan pemeriksaan pada daerah panggul, periksa
adanya kelainan tanda “klik”.
|
|
|
|
|
|
21
|
Lakukan pemeriksaan pada daerah tungkai dan
kaki:
|
|
|
|
|
|
a. Gerakan
normal/ tidak.
|
||||||
b. Tampak normal/
tidak.
|
||||||
c. Jumlah
jari lengkap/ tidak.
|
||||||
d. Refleks graps.
|
||||||
e. Refleks
babinski.
|
||||||
22
|
Lakukan pemeriksaan pada daerah punggung dan
anus:
|
|
|
|
|
|
a. Apakah
ada pembengkakan atau ada cekungan.
|
|
|
|
|
|
|
b. Apakah terdapat
anus/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
c. Refleks
galant.
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Lakukan pemeriksaan pada kulit bayi:
|
|
|
|
|
|
a. Apakah
terdapat verniks/ tidak.
|
|
|
|
|
|
|
b. Warna kulit dan
bibir.
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pembengkakan/ bercak hitam.
|
|
|
|
|
|
|
d. Tanda lahir/
birth mark.
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Lepaskan sarung tangan pada larutan klorin 0,5%.
|
|
|
|
|
|
Key point: lepaskan sarung tangan dalam keadaan
terbalik.
|
||||||
25
|
Rapikan kembali alat-alat yang telah digunakan.
|
|
|
|
|
|
26
|
Mengenakan kembali pakaian bayi.
|
|
|
|
|
|
27
|
Mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir,
lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
28
|
Berikan penjelasan pada ibu mengenai hasil
pemeriksaan dan konseling tanda bahaya pada bayi baru lahir.
|
|
|
|
|
|
Key point: sampaikan dalam kalimat yang jelas
dan mudah dimengerti.
|
||||||
29
|
Cek kembali pemahaman
ibu terhadap konseling.
Key point : lakukan dengan cara meminta ibu
mengulang apa yang telah disampaikan.
|
|
|
|
|
|
30
|
Lakukan pendokumentasian mengenai tindakan yang
telah dilakukan dan hasil pemeriksaan.
|
|
|
|
|
|
![]()
90
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Memandikan Bayi
![]() |
MEMANDIKAN BAYI
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Jelaskan kepada orang tua/keluarga bayi mengenai
prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: sampaikan dengan kalimat yang mudah
dimengerti dan dapat diterima.
|
||||||
3
|
Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air
mengalir, lalu keringkan.
|
|
|
|
|
|
Key point: lepaskan semua perhiasan dari lengan
dan tangan, cuci tangan dengan 7 langkah.
|
||||||
4
|
Menyiapkan baju bayi yang akan dipakai setelah mandi, sekaligus
bentangkan handuknya.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan
pakaian bayi tersusun sesuai dengan urutan pemakaiannya.
|
||||||
5
|
Menuangkan air dingin lalu tambahkan air panas secukupnya sampai
air terasa hangat, suhu air 36-38 derajat celcius.
|
|
|
|
|
|
Key point: cara
memastikan bahwa air benar-benar hangat dengan cara memasukkan siku tangan ke
dalam air.
|
||||||
6
|
Membuka terlebih dahulu pakaian bawah bayi, periksa apakah bayi
BAK/BAB, jika BAB bersihkan terlebih dahulu alat kelaminnya dengan
menggunakan kapas basah.
|
|
|
|
|
|
7
|
Melatakkan bayi diatas handuk kemudian buka baju bayi.
|
|
|
|
|
|
8
|
Membersihkan daerah wajah dan leher dengan menggunakan washlap
yang telah dicelupkan kedalam air hangat.
|
|
|
|
|
|
Key point: hindari
pemakaian sabun pada saat membersihkan bagian muka, mata dan telinga bayi.
|
||||||
9
|
Membasahi kembali lap dengan
menggunakan shampoo bersihkan rambut bayi.
|
|
|
|
|
|
10
|
Mengangkat bayi kedalam bak
mandi dengan kepala/leher bayi bertumpu pada lengan kiri sementara telapak
tangan berada di ketiak dan tangan kanan memegang pantatnya.
|
|
|
|
|
|
11
|
Dengan menggunakan tangan kanan
membersihkan tubuh bayi dengan memakai washlap yang telah disabuni, mulai
dari daerah dada.
|
|
|
|
|
|
12
|
Membilas rambut dan tubuh bayi
sampai bersih.
|
|
|
|
|
|
13
|
Mengeringkan tubuh bayi dengan
handuk dan kenakan pakaiannya.
|
|
|
|
|
|
14
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
27
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Metode Kangguru
![]() |
METODE KANGGURU
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Jelaskan kepada orang tua/keluarga bayi mengenai
prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: sampaikan dengan kalimat yang mudah
dimengerti dan dapat diterima.
|
||||||
3
|
Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air
mengalir, lalu keringkan.
|
|
|
|
|
|
Key point: lepaskan semua perhiasan dari lengan
dan tangan, cuci tangan dengan 7 langkah.
|
||||||
4
|
Membersihkan daerah dada dan
perut ibu dengan air dan sabun agar terbebas dari kuman.
|
|
|
|
|
|
5
|
Membersihkan bayi dengan kain bersih dan hangat, pakailah popok
dan topi.
|
|
|
|
|
|
Key point: gantilah
popok bayi bila bayi BAB/BAK.
|
||||||
6
|
Memakaikan kain gendong dan kancingkan kain untuk menggendong
bayi.
|
|
|
|
|
|
7
|
Memakaikan baju metode kangguru,tanpa BH dan baju dalam. Masukkan
tangan kanan lalu tangan kiri setelah itu disilang.
|
|
|
|
|
|
8
|
Meletakkan bayi dalam posisi vertikal, dapat ditengah payudara
atau sedikit ke samping kanan/kiri sesuaikan dengan kenyamanan bayi dan ibu.
|
|
|
|
|
|
Key point: jaga posisi
tetap vertikal dan usahakan kulit bayi kontak langsung dengan kulit ibu. Jaga
jalan nafas bayi jangan sampai tertutupi.
|
||||||
9
|
Mengancingkan baju kangguru.
|
|
|
|
|
|
Key point: hindari penggunaan baju yang sempit dan usahakan badan
bayi tertutupi oleh baju.
|
||||||
10
|
Mengangkat bayi kedalam bak
mandi dengan kepala/leher bayi bertumpu pada lengan kiri sementara telapak
tangan berada di ketiak dan tangan kanan memegang pantatnya.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan kemanan bayi agar tidak tergelincir.
|
||||||
11
|
Ibu memakai baju kangguru
secara terus menerus agar bayi selalu dlam keadaan hangat.
|
|
|
|
|
|
Key point: pantau keadaan bayi meliputi suhu, warna kulit,
pernafasan, gerak, kuatnya menetek dan beri ASI sesering mungkin.
|
||||||
12
|
Petugas kesehatan / Bidan
memeriksa keadaan bayi setiap hari dan mengobservasi: denyut jantung,
pernafasan, suhu, berat badan, aktivitas.
|
|
|
|
|
|
13
|
Menghentikan metode kangguru
setelah berat badan lebih dari 2500 gram, suhu normal 36,5-37,5 0C.
|
|
|
|
|
|
14
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
42
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Pemijatan Bayi Prematur
![]() |
PEMIJATAN BAYI PREMATUR
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Jelaskan kepada orang tua/keluarga bayi mengenai
prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: sampaikan dengan kalimat yang mudah
dimengerti dan dapat diterima.
|
||||||
3
|
Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air
mengalir, lalu keringkan.
|
|
|
|
|
|
Key point: lepaskan semua perhiasan dari lengan
dan tangan, cuci tangan dengan 7 langkah.
|
||||||
4
|
Mintalah izin pada bayi sebelum
dilakukan pemijatan dengan cara membelai wajah dan kepala bayi sambil
mengajak bicara.
|
|
|
|
|
|
Key point: duduklah pada posisi yang nyaman dan sediakan waktu
minimum selama 15 msnit untuk melakukan seluruh tahap pemijatan.
|
||||||
5
|
Melakukan rangsangan taktil / raba (massage), membaringkan bayi
dalam posisi tengkurap diatas permukaan kain yang rata, lembut dan bersih.
|
|
|
|
|
|
Key point: usahakan agar
gerakan dilakukan dengan lambat dan lembut, jangan memberikan sentuhan yang
berlebihan. Sertiap gerakan dikerjakan selama 2 kali 5 detik, dan diulang 6
kali pada setiap bagian
|
||||||
6
|
Kepala
Dengan menggunakan kedua telapak tangan, usap kepala dari mulai
puncak kepala sampai leher, kemudian kembali ke puncak kepala.
|
|
|
|
|
|
7
|
Bahu
Dengan menggunakan dua jari tangan kanan dan kiri usap kedua belah
bahu bayi dari pertengahan punggung kepangkal lengan, kemudian kembali lagi
kepertengahan.
|
|
|
|
|
|
8
|
Punggung
Dengan menggunkan kedua jari tangan usaplah leher menuju ke
pantat, lalu kembali ke leher.
|
|
|
|
|
|
9
|
Kaki
Dengan menggunakan kedua jari tangan usaplah kedua kaki secara
bersamaan mulai dari pangkal paha ke pergelangan kaki, kemudian kembali lagi ke
pangkal paha.
|
|
|
|
|
|
10
|
Lengan
Dengan menggunakan kedua jari tangan usaplah kedua kaki secara
bersamaan mulai dari pangkal bahu ke pergelangan tangan, kemudian kembali
lagi ke pangkal bahu.
|
|
|
|
|
|
11
|
Melakukan rangsangan kinestetik (bersepeda), posisi bayi masih
keadaan terlentang.
|
|
|
|
|
|
12
|
Lengan
·
Memegang lengan pada
pergelangan tangan, kemudian tekuklah pada sikut
·
Gerakan dilakukan satu
persatu pada kedua lengan
·
Jangan memaksakan setiap
gerakan jika bayi tidak menginginkannya
|
|
|
|
|
|
13
|
Kaki daerah pergelangan kaki, tekuk didaerah:
·
Memegang lutut dan panggul
·
Gerakan dilakukan satu
persatu pada kedua kaki
|
|
|
|
|
|
14
|
Kaki
·
Memegang daerah pergelangan
kaki, kemudian tekuk didaerah lutut
·
Tekan kaki ke daerah perut
secara bersamaan
·
Hindari penekanan yang
berlebihan
|
|
|
|
|
|
15
|
Merapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan.
|
|
|
|
|
|
16
|
Mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir lalu
mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
17
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
51
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Penggunaan DDST
![]() |
PENGGUNAAN DDST
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
|
|
1
|
Mempersipkan tempat
test.
|
|
|
|
|
|
2
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
3
|
Mempersiapkan formulir DDST.
|
|
|
|
|
|
|
KONSELING
|
|
|
|
|
|
4
|
Menyapa orang tua / pengasuh
dan anak dengan ramah.
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan kepada orang tua/pengasuh tujuan dilakukan test perkembangan (test ini bukan untuk
mengetahui IQ anak).
|
|
|
|
|
|
6
|
Membuat komunikasi yang baik dengan anak.
|
|
|
|
|
|
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
7
|
Menghitung umur anak dengan benar.
|
|
|
|
|
|
8
|
Menanyakan apakah anak lahir prematur dan bila “ya” koreksi umur
anak.
|
|
|
|
|
|
9
|
Menulis tanggal pemeriksaan diatas garis umur.
|
|
|
|
|
|
10
|
Membuat garis umur dengan benar.
|
|
|
|
|
|
11
|
Melakukan tugas perkembangan untuk tiap sector minimal 3 tugas
sebelah kiri garis umur dan bila lulus diteruskan sampai menembus garis umur
serta sebelah kanan sampai anak gagal pada 3 tugas perkembangan. Bila anak
tidak mampu untuk melakukan salah satu uji coba pada langkah 11, lakukan uji
coba tambahan ke sebelah kiri garis umur pada sektor yang sama sampai anak
dapat lulus 3 tugas perkembangan.
|
|
|
|
|
|
12
|
Memberi skor penilaian dengan tepat.
|
|
|
|
|
|
13
|
Selama penilaian orang tua/ pengasuh ditanyakan adanya perilaku
yang khas pada anak.
|
|
|
|
|
|
14
|
Mengambil kesimpulan dengan benar.
|
|
|
|
|
|
15
|
Menjelaskan hasil penilaian dan tindak lanjut. Mengucapkan
terimakasih dan salam perpisahan.
|
|
|
|
|
|
![]()
51
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Imunisasi BCG
![]() |
IMUNISASI BCG
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Menjelaskan pada ibu bayi
mengenai prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: bila ibu mengetahui dengan jelas mengenai
prosedur/tindakan yang akan dilakukan maka ia biasanya lebih mudah diajak
untuk bekerja sama.
|
||||||
3
|
Mencuci tangan dengan
menggunakan sabun dan air mengalir lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
Key point: untuk pencegahan infeksi sebelum melaksanakan tindakan
lepaskan semua perhiasan dari lengan dan tangan.
|
||||||
4
|
Membuka ampul vaksin.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan vaksin tidak kadaluarsa.
|
||||||
5
|
Melilitkan plastik pada leher ampul dengan erat.
|
|
|
|
|
|
6
|
Mempertahankan ampul vaksin pada lehernya dengan hati-hati keluar
dari lilitan.
|
|
|
|
|
|
7
|
Melarutkan vaksin BCG dengan pelarut vaksin BCG.
|
|
|
|
|
|
Key point: Gunakan
semprit 5 cc yang steril.
|
||||||
8
|
Menggoyang-goyangkan ampul vaksin hingga vaksin larut secara
merata.
|
|
|
|
|
|
9
|
Mengisi semprit dengan vaksin BCG menggunakan semprit 0,1 cc.
|
|
|
|
|
|
10
|
Mengeluarkan gelembung udara
|
|
|
|
|
|
Key point: perhatikan
agar vaksin tidak terlalu banyak atau sedikit, ukur agar piston tepat pada
skala 0,05 cc.
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Mengatur posisi bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: bayi dapat
dipangku ibunya atau dibaringkan.
|
||||||
12
|
Membersihkan lengan kiri bayi dengan menggunakan kapas yang
dibasahi air matang.
|
|
|
|
|
|
13
|
Memegang lengan anak dengan tangan kiri dan memegang semprit
dengan tangan kanan, lobang jarum semprit menghadap keatas.
|
|
|
|
|
|
14
|
Memasang ujung jarum kedalam kulit sedikit mungkin melukai kulit.
|
|
|
|
|
|
Key point: penyuntikan
dilakukan pada 1/3 lengan kanan bagian atas, suntikan dilakukan secara intra
cutan.
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Meletakkan ibu jari tangan kiri diatas ujung barrel. Memegang
pangkal barrel antara jari telunjuk dan jari tengah, lalu dorong piston
dengan ibu jari tangan kanan.
|
|
|
|
|
|
16
|
Menyuntikan 0,05 cc vaksin BCG
|
|
|
|
|
|
17
|
Mencabut jarum setelah habis vaksin.
|
|
|
|
|
|
18
|
Merapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan
|
|
|
|
|
|
19
|
Mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir
lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
20
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
60
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Imunisasi Polio
![]() |
IMUNISASI POLIO
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Menjelaskan pada ibu bayi
mengenai prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: bila ibu mengetahui dengan jelas mengenai
prosedur/tindakan yang akan dilakukan maka ia biasanya lebih mudah diajak
untuk bekerja sama.
|
||||||
3
|
Mencuci tangan dengan
menggunakan sabun dan air mengalir lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
Key point: untuk pencegahan infeksi sebelum melaksanakan tindakan
lepaskan semua perhiasan dari lengan dan tangan.
|
||||||
4
|
Membuka tutup metal dan tutup
karet pada flakon vaksin polio.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan vaksin tidak kadaluarsa.
|
||||||
5
|
Memasang pipet plastik pada flakon
|
|
|
|
|
|
6
|
Mengatur posisi bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: bayi dapat
dipangku ibunya atau dibaringkan.
|
||||||
7
|
Menekan kedua pipi bayi dengan menggunakan kedua jari tangan kiri,
sehingga bayi membuka mulutnya.
|
|
|
|
|
|
Key point: Lakukan dengan
lembut dan hati-hati, jangan sampai melukai bayi.
|
||||||
8
|
Tangan kanan memegang flakon vaksin polio, lalu meneteskan 2 tetes
vaksin ke mulut bayi.
|
|
|
|
|
|
9
|
Merapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan
|
|
|
|
|
|
10
|
Mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir
lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
11
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
33
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Imunisasi DPT
![]() |
IMUNISASI DPT
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Menjelaskan pada ibu bayi
mengenai prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: bila ibu mengetahui dengan jelas mengenai
prosedur/tindakan yang akan dilakukan maka ia biasanya lebih mudah diajak
untuk bekerja sama.
|
||||||
3
|
Mencuci tangan dengan
menggunakan sabun dan air mengalir lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
Key point: untuk pencegahan infeksi sebelum melaksanakan tindakan
lepaskan semua perhiasan dari lengan dan tangan.
|
||||||
4
|
Membuka ampul vaksin.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan vaksin tidak kadaluarsa.
|
||||||
5
|
Mengusap karet penutup pada flakon dengan menggunakan kapas basah
sebagai tindakan desinfeksi.
|
|
|
|
|
|
6
|
Mengambil semprit steril ukuran 1 cc dan memasang jarum DPT
kedalam semprit tersebut
|
|
|
|
|
|
7
|
Membuka tutup jarum dengan menghisap udara kedalam semprit
sebanyak 0,5 cc.
|
|
|
|
|
|
Key point: lakukan dengan
hati-hati sewaktu melakukannya, jaga agar tetap steril.
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Menusukkan jarum ked lam karet penutup flakon lalu masukkan
udaranya ke dalam flakon.
|
|
|
|
|
|
9
|
Membalikkan flakon vaksin sehingga posisi berada diatas jarum,
lalu menyedot 0,5 cc vaksin kedalam semprit.
|
|
|
|
|
|
Key point: Lakukan dengan benar dan hati-hati, sewaktu mengisikan
vaksin perhatikan vaksin sudah tercampur dengan rata dan tidak ada vaksin
yang beku.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Mencabut jarum dari flakon, semprit ditegak luruskan keatas untuk
melihat apakah terdapat gelembung udara, doronglah piston sehingga gelembung
udara keluar.
|
|
|
|
|
|
11
|
Mengatur posisi bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: bayi dapat
dipangku ibunya atau dibaringkan.
|
||||||
12
|
Menyuntikkan vaksin DPT sebanyak 0,5 cc pada paha sebelah luar
dengan suntikan IM.
|
|
|
|
|
|
13
|
Merapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan
|
|
|
|
|
|
14
|
Mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir
lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
15
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
27
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM
(……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Daftar Tilik Imunisasi Hepatitis B Uniject
![]() |
IMUNISASI HEPATITIS B UNIJECT
|
||||||
No.
|
Langkah Kerja
|
Kasus
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Siapkan peralatan dan bahan.
|
|
|
|
|
|
Key point: alat dan bahan disusun secara
ergonomis agar mudah dijangkau.
|
||||||
2
|
Menjelaskan pada ibu bayi
mengenai prosedur yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
|
Key point: bila ibu mengetahui dengan jelas mengenai
prosedur/tindakan yang akan dilakukan maka ia biasanya lebih mudah diajak
untuk bekerja sama.
|
||||||
3
|
Mencuci tangan dengan
menggunakan sabun dan air mengalir lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
Key point: untuk pencegahan infeksi sebelum melaksanakan tindakan
lepaskan semua perhiasan dari lengan dan tangan.
|
||||||
4
|
Mempersiapkan posisi bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: penyuntikkan dilakukan pada 1/3 paha bagian luar secara
IM.
|
||||||
5
|
Mengambil uniject dari dalam termos vaksin / lemari pendingin.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan
uniject tidak kadaluarsa.
|
||||||
6
|
Membuka kantong alumunium / plastik dengan mengeluarkan uniject.
|
|
|
|
|
|
7
|
Memegang uniject pada leher dan tutup jarum dengan memegang
keduanya diantara jari telunjuk dan jempol.
|
|
|
|
|
|
8
|
Mendorong tutup jarum kearah lateral dengan tekanan.
|
|
|
|
|
|
9
|
Meneruskan mendorong sampai tidak ada jarak antara tutup jarum dan
leher.
|
|
|
|
|
|
Key point: saat uniject
diaktifkan akan terasa ada hambatan dan rasa menembus lapisan.
|
||||||
10
|
Membuka tutup jarum.
|
|
|
|
|
|
11
|
Memegang uniject pada bagian leher dan menusukkan jarum pada bayi.
|
|
|
|
|
|
Key point: pada imunisasi
jenis uniject tidak diperlukan aspirasi. Sewaktu penyuntikkan usahakan anak
berada dalam keadaan tenang.
|
||||||
12
|
Memijat reservoir dengan kuat untuk memasukkan vaksin, setelah
reservoir kempis cabut uniject dari paha bayi dengan cepat.
|
|
|
|
|
|
Key point: pastikan
seluruh uniject masuk ke tubuh bayi.
|
||||||
13
|
Membuang uniject yang sudah tidak dipakai di tempat benda tajam.
|
|
|
|
|
|
14
|
Merapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan
|
|
|
|
|
|
15
|
Mencuci kedua tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir
lalu mengeringkannya.
|
|
|
|
|
|
16
|
Menulis di buku catatan mengenai tindakan yang telah dilakukan dan
memberitahukan hal-hal yang perlu diketahui oleh ibu bayi.
|
|
|
|
|
|
![]()
48
|
||||||
TANGGAL PRAKTIKUM (……………………)
|
||||||
PARAF PENILAI
(……………………)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar